Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Part I

Huh sudah sebulan aku tidak menulis disini ...
Jadi cerita kali ini tentang "kuliah", mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), atau kalian mungkin asing yah dengan kata PPL ini. Sebenernya sih PPL itu sama aja kayak PKL. Berhubung gue kuliah di jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar ( PGSD ) ya kalian udah tau lah gue PKL dimana. Yap di kantor pajak Sekolah Dasar (SD). 

Tepat tanggal 05 September 2015 gue dilepas dari dikampus, untuk segera melaksanakan PPL tersebut. 
pada mau kemana ini merah merah wkwkwk
yang tengah dosen pembimbing kelompok gue :3
Iya, kurang lebih begitulah penampakan gue bersama temen temen gue saat dilepas di kampus. Udah kek burung aja lu jeng dilepas terus diadu *eh
Sehabis lepas lepasan, gue sama tim PPL gue, diantar dosen pembimbing PPL gue ke SD. Sampai SD kita uuuhh kita keren banget bro, dateng dateng pake baju kembaran udah kek girl band muslimah hehe. Dikarenakan gue sama temen temen gue dari kemarin udah bolak balik mulu ke SD jadi yaudah. Pas pertama dilepas dari kamus terus dianter sama dosen pembimbingnya ya biaza aja wkwkwk

ngomong ngomong nih yah jeng lau PPL dimana emang ? 

Oh iya gue sampe lupa ngasih tau gue PPL dimana hehe. sorry sorry faktor jomlo jadi begini *eh
Gue tu PPL di SD NEGERI PAKULONAN 02 lebih tepatnya di kecamatan serpong utara kota Tangerang Selatan. Yuk ah mari yang deket sama sd itu kita meet up para blogger *Gaya* . Gue PPL disana 2 bulan. Berarti kalo dari tanggal 05 September 2016 sampai dengan 05 November 2016. bener engga? benerlah kalo salah mahasiswa macem apa gue engga tau batas kapan PPL selesai. 

Gue nulis ini, berarti udah berjalan sebulan lah gue PPL, dan udah sebulan juga gue "jadi Guru" sd. Yuk ah tepuk tangan dulu buat gue. 
Jadi gini, ini adalah moment dimana gue ngajar. Di dalem kelas yang bener bener sendiri, yang bener bener gue jadi gurunya, yang bener bener berhadapan sama 30 siswa sd dengan berbagai karakter, yang mana gue deg degan banget, yang mana kamu iya kamu yang ilang ilangan terus engga ada kabar. hehehe. FYI aja gue ini walaupun kuliah dijurusan PGSD gue belom pernah sama sekali yang namanya ngajar didalem kelas sendiri, ya kalo observasi observasi gitu ya sering, ya tapi kan bareng bareng. 

Kelas 3A adalah kelas pertama yang gue masuki saat pertama kali mendarat di sdn pakulonan 02. Saat selesai ngajar dikelas 3A gue dapet kayak semacem pembelajaran buat gue sendiri. Jadi gini pembelajaran yang gue dapet pas keluar dari kelas 3A. Apapun yang ditulis guru dipapan tulis, dibagaimana pun tuh dipapan tulis, siswa bakal mengikuti. apalagi baru kelas 3 hehe. Terus engga boleh labil. simplenya, tegas. Kalo engga boleh ya engga boleh, kalo boleh ya boleh. Jangan...yaudah deh boleh, eh jangan deh engga boleh. Duh, gue saranin jangan gitu deh. (Lagian yang gitu diawal lo doang jeng) | hehehe emang lu bener sih gue waktu awal banget kayak gitu). 
Terus, guru harus bertutur kata, dan berpakaian yang baik, didepan murid *nangis* munafik dong lo jeng kalo didepan anak murid hehe | ini bukan masalah munafik sih, tapi hmmm kan guru itu di gugu dan ditiru, percaya deh anak anak SD pasti bakal ngikutin gurunya. Ya walaupun dia bakal mengikuti arus lingkungannya sih yang lebih besar. Tapi percaya deh lo makin lama makin bakal terbiasa dengan itu semua, dengan cara bertutur kata yang baik, berpakaian yang baik, dan hal baik lainnya, karna itu nanti akan jadi seebuah kebiasaan. BTW, sejak PPL kuku gue yang biasanya panjang (karna kalo pendek sakit) memaksakan gue buat berkuku pendek. karna kuku panjang itu engga baik. Gue malu aja sih sama anak kelas 4A. Jadi, pas gue kebagian jam pertama dikelals 4A, mereka pas baru bel masuk baris dan selalu periksa kuku. yang kukunya panjang bakal dipukul tangannya sama ketua kelasnya. hehehe. Lalu, sejak saat itu kuku gue selalu pendek. 

kamu bicara apa sihh jeng ? | entahlahh....blog gue ini kan :P

Banyak sih pengalaman gue saat PPL yang baru pertama kali gue rasain, hehehe
Dari mulai pas lembar Kerja surat yang bikin gue mewek, kelas 3C yang bikin gue syok dan mewek jugaa, tentang murid murid yang aptudet di sosmed, tentang dikelas rendah yang nangisan beantem, nangisan berantem. tentang cerita dikelas 2C pas materi "cerita berdasarkan dokumen", cerita dikelas yang super duper berisik, susah diatur, cerita tentang anak kelas 4 yang diancem nangis sama kelas 5, tentang gue ikutan upacara bendera lagi, setelah 3tahunan engga pernah upacara lagi. dan masih banyak lagi wkwkwkwkwk
Ya mungkin, satu satu bakal gue certain kali yah disini, nanti kalo udah kelar PPLnya, soalnya kalo masih PPL gue sibuk setiap harinya harus bikin RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) + lampiran lampirannya. Untuk keesokan harinya ngajar dikelas. 

Btw ini sedikit dokumentasi gue saat PPL hehehe 
cekrek cekrek aja dulu sama guru gurunya :3

kerudung gue , ampun dah terbang terbang ampe ke hati kamu *eh
btw ini kelas 3
ini namanya yoga kelas 3
ini perlu gue lingkarin + capslock gak namanya siapa ?:P
kelas 3
bu lisa, gue, afika, azan, bu qiqi
kelas 3 juga
dia dipanggilnya azan 
materi surat kelas 4, lagi bacain contoh surat yang benar :p
yang nunduk kecil kecil pinter dan banyak kenalan kakak kelas 5&6
bekingannya banyak wkwkwk (kelas 4)

(kelas 3)



materi uang kelas 4 - praktek menggunakan uang yang sesungguhnya 
INI CALON CALON SARJANA PENDIDIKAN DAN GURU MASA DEPAN
 AAMIIN YEGAK ?  :*
lo yang mana jeng ? yang pake kerudung item pokoknya :3
Ya kurang lebih begitulah sedikit cerita dari gue tentang PPL "Praktik Pengalaman lapangan", semoga berkah yee PPLnye wkwkwk
Selama menulis ini lagu disponsori Rossa - Takdir cinta ~ sekian dan terimakasih *KecupBasah*






PS : Aku Sayang Kamu *eh :p

Komentar

  1. PSnya apaaan cobak. Huahahah :D

    Wah jadi calon guru nih, Jeng? Asyik dong. Apalagi guru zaman sekarang kan In Shaa Allah uda bagus kesejahteraannya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....
      Iya ka , aamin yah semoga wkwkwkwk

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. semangat kak tetepppp berexperiment hhe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

fenomena " cabe - cabean "

Tentang Lagu Tiffany Kenanga - Jangan Bersedih

Tentang Aplikasi "Bigo Live"