Dibalik Mata Kuliah "Pendidikan Seni Rupa Dan Kerajinan Tangan"

Iya sebenernya udah dari awal semester 4 gue pengen nulis ini, munculin karya karya gambar gue yang engga bagus bangus amat, saat mengikuti setiap mata kuliah "pendidikan seni rupa dan kerajinan tangan". Jadi gue ini sekarang udah semester 6, bayangkan udah hampir 1 tahun gue mau nulis ini tapi belum ter'realisasikan dan akhirnya hari ini terrealisasikan :))

Btw, gue ini kan kuliah ambil jurusan "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" dan engga salah kalau ada mata kuliah pendidikan seni rupa dan kerajinan tangga, sebagai calon guru SD, gue di tuntut untuk menguasai semua mata pelajaran di SD termasuk pendidikan SBK ini kalo di SD. FYI semester 6 ini ketemu lagi sama mata kuliah tentang kesenian, bukan seni gambar, bukan seni drama, bukan seni musik, tapi seni tari. Iya di semester ini bagiannya seni tari. Gambar, drama, musik, itu sudah gue lalui semua di semester sebelumnya.

Pada mata kuliah seni gambar ini, gue diharuskan mempunyai buku gambar yang besar yaitu A3, krayon, pensil warna, cat air yang paling terakhir. Nah disana lah tangan gue dilatih untuk membuat sebuah gambar. Ini bukan jurusan DKV (desain komunikasi visual) yang selama ini sangat gue tertarikin wkwkwk, hikmah yang baik setelah gue menjalani mata kuliah ini, gue sadar, tangan gue engga akan cocok misal akhirnya gue kuliah dijurusan DKV ini, enggak ada bakat gambar sama sekali gue, gue cuman tertarik saat membuat sebuah gambar di komputernya saja, mempelajari semua gambar dari aplikasi photoshop, corel draw, dll, tanpa harus menggambar dari manual dulu. Untung gue gak terjerumus ke jurusan DKV itu sendiri, andaikan nyokap bokap bilang "IYA" udahh alamat, mungkin gue akan jadi mahasiswi yang gak tau apa apa dan engga bisa apa apa, karna dikelilingi oleh orang orang yang emang jago gambarr dari sononya. 

Lo kenapa sih jeng ambil jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) | postingan selanjutn ya gue bakal bahas tentang kenapa gue kuliah jurusan ini, jadi tetap stay tune :p

Sebut saja pak Sunar dosen gue yang menajarkan pendidikan seni rupa dan kerajinan tangan. Berkat mata kuliah beliau, baru kali ini gue ngerasain yang namanya beli buku gambar 1 dan itu habis sampe belakang. Biasanya pelajaran menggambar adanya di SD dan itu bisa dibilang lumayan sering, tapi sesering seringnya gue, gak penah buku gambar habis satu buku sampe belakang. paling 4/5 lembat gue udah suka beli buku gambar baru. Di SMP juga, udah jarang banget yang namanya gambar, gambar paling semester sekali, dan gue setiap disuruh gambar pasti beli buku gambar lagi. Tapi di mata kuliah pak sunar ini engga, 1 buku gambar gue habis sampai belakang *Tepuk Tangan*

Dan ini lah hasil karya gue saat mengikuti mata kuliah pak sunar :

Tugas 1 : Gambar (lupa namanya)
Gue lupa ini nama tugasnya suruh gambar apa. (((((JELEK)))) banget kan gambar gue -___- ini aja nilainya B+ gimana ceritanya gue kalo masuk DKV bakal ditewain abis abisan gambar gue. Engga pernah dilatih sama sekali skill mengambarr wkwkwk demennya cuman meng"WAH" kan gambar orang yang emang keren :D

Tugas 2 : Gambar Abstrak
waktu disuruh gambar abstrak aja gue masih mikir wkwk, mau gambar abstrak kek mana. Dan inilah hasil entah ada pemikiran apaa dari gambar gue yang ini. Ditengah ada lingkaran apa, gue juga gak tau. dan samping samping terlihatkan kek pulau pulau yang ada di indonesia, Entahlah pemikiran dari mana

Tugas 3 : Gambar Ragam Nusantara
Gue engga paham ini ragam dari mana wkwk, secara pemikiran gue disurug gambar ragam nusantara gue langsung berfikiran ke batik. Ini bukan hasil pemikiran gue, ini hasil nyontek gambar di google hehehe, tapi asli bener kok ini gambar dari tangan gue. Pas gue kasih tugas ke 3 gue ini. kata bapaknya 1. kotor 2. engga balance. akhirnya gue pasrah dapet nilai berapa juga. 

Tugas 4 : Gambar Suasana Kota
Seperti biasa gue nyari gambar dulu di google yang bisa gue contoh, hufftt gue emang gak kreatif wkwkwk. iya tugas yang ini gue dapet A keliatan kan di pokok kanan bawah :p engga mau sombong aja gue sih. Mungkin kalo dijurusan DKV suruh gambar suasana kota gue kasih gambar yang ini, bakalan dapet C gue rasa -___-

Tugas 5 : Gambar Alam Benda
Iya masih sama seperti biasanya, gambar ambil dari google lalu gue tiru ya, walaupun hasilnya engga sama sama banget. Tapi tugas ke-5 ini gue juga dapet nilai A hehe

Sewaktu UTS (ujian tengah semester) gambar juga waktu itu utsnya suruh bikin gambar ragam hias nusantara, akhirnya gue ngambil batik toraja, berhubung gue engga dokumentasiin ya jadi gue engga bisa kasih liat gambar hasil yang gak bagus sama sekali.

Tugas 6 : Gambar Perspektif
Iya lagi lagi sama seperti gambar gue yang lain, ini niru dari google -___- Jadi gambar perspektif ini gambar yang makin kesono makin kecil. Dulu sih bebas mau gambar apa aja yang penting Perspektif (sejak kapan aspal pinggiran jadi pink) Entahlah gue contoh digambar begitu jadi ya melu wae.

Tugas 7 : Gambar Cetak (Nilai Paling jelek)
Entahlah sebenernya ini tugas 2 minggu lalu terus baru ketemu dosennya minggu ketiga, gue ngeras ni gambar udah engga ada gairahnya sama sekali, pasrahh dapet nilai apa juga. Mungkin pak sunar kasihan sama gue makannya di kasih B , coba kalo di DKV dibuang mentah mentah gue menghasilkan gambar beginian wkwkwk engga ada esensiinya sama sekali. Jelek parah ni gambar. 
Ada cerita di balik tugas 7 ini. Jadi waktu gue ngumpulin nih tugas, engga gue kasih nama dll PD nya gue langsung kasih aja ke dosennya. Eh pas dinilai sama dia, ini punya siapa ? akhirnya engga dinilai, malah cuman ditulis "SIAPA" yaudah bawahnya gue tambahin tulisan "YANG NANYA" wkwkwk baru deh gue kumpulin lagi dan nilainya yang bisa kalian liat B doang *miris*
"SIAPA ?" ---- "YANG NANYA"
wkwkwkwk 
Tugas 8 : Menganyam
Bener bener gak nyambung nih anyaman, coba kalian perhatikan barisan kanan -__- itu ngasal banget yee kek nya hahaha pasrah dapet nilai berapa juga. Korelasi warnanya juga engga begitu nyambung setelah gue liat liat lagi. yaudahla yahh

UAS disuruh gambar alam benda, dan gue gambar yang sama ama tugas 5 hehehe emang engga kreatif gue dalam soal gambar -__- untung engga jadi DKV gue wkwkwk baru satu semester langsung cabut kali kalo beneran :))) 1 lagi pelajaran menggambar ini melatih kesabaran buat gue sendiri, membuat gue untuk lebih menghargai karya orang lain, ternyata kalo engga punya keahlian menggambar itu susah yah, yaa tapi kan setiap orang udah ada kelebihan dan kekurangannya masing masing :D jadi ya bersyukur aja *ini gue ngomong apa sih*

Dan itulah hasil gambar gambar gue saat mengikuti mata kuliah pendidikan seni rupa dan kerajinan tangan, harus banyak ngelus ngelus dada liat gambar gue. Sekian cerita gue tentang matkul pak sunar hehehe see you babay *KecupBasah*

Komentar

  1. keren... gambarnya.. :0 untung aja enggak nyasar ke DKV ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini muji apa ngeledek yah :/

      wkwkwk iya untung gak nyasar :(

      Hapus
  2. Wuih keren-keren gambar nya. Kalo gue mana bisa gambar gituan, kalo yg aneh-aneh sih bisa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini muji apa ngeledek yah :/

      gambar aneh aneh tuh macam apa ??

      Hapus
    2. Muji lah haha. Gambar yang aneh tuh ya.. misalnya gambar kon*ol (baca: konyol). :D

      Hapus
  3. Asik banget anak PGSD.. Lah PBI mah gaada begini beginian XD
    Gambar perspektif susah banget sih tapi ini lumayan banget :D
    Btw DKV emang susah dan jungkir balik banget kuliah jurusan itu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe gambar perspektif emang susah sih, ini aja ampe berjam jam bikinnya

      iya untung gak nyasar ke DKV :v

      Hapus
  4. lucu lucu lho gambarnya XD

    jadi kayak gini ya kuliahnya anak PGSD, berasa nostalgia jaman SD dulu kalau ngeliatin gambar-gambarnya, apalagi tiap ngegambar ada garis tepinya, sumpah ini emang guru SD XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. orangnya lucu juga gak :v

      Ya ini lah jurusan PGSD :D

      Hapus
  5. gua sih sering denger" keluhan anak" pgsd yg tugasnya kek anak sekolaan haha tp gua selalu suka nih bikin anyaman kek begini jadi inget jaman sd dulu dibikin ribed ma guru hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu awal awal semsetr si pelajaran kek anak SMA gitu eh, semester akhir udah lebih ke jadi seorang gurunya gimana. :D

      Hapus
  6. "sesukah yang dibilangkah anak DKV itu?"
    -pertanyaan anak yang mau ambil DKV

    BalasHapus
    Balasan
    1. "sesukah yang dibilangkah anak DKV itu ? " <<< gagal paham sama pernyataan yang satu ini :D

      Hapus
  7. waduh di kepala aku kok terngiang niru google -_-
    tapi gapapalah ya, setiadaknya masih ada usaha di situ :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas 3 4 5 dan 6 emang niru google kok :D kan gue ceritain juga di tulisannya :p dibaca makannya :p hehe

      Hapus
    2. udah dibaca semua kok waktu sebelum koment :)

      Hapus
  8. Gila *ngelus dada bang harry potter
    untung beneran gak nyasar DKV, bisa langsung diusir. sama kayak gue.. haha..
    tapi bu guyu ntar nilai seni muridnya jangan dikasih jelek ya karena gambar ibu juga gak bagus2 amat, buakakakakak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Lagu Tiffany Kenanga - Jangan Bersedih

fenomena " cabe - cabean "

Tentang Aplikasi "Bigo Live"