Tips-Tips Mudik Dengan Baik Dan Benar


Mudik juga salah satu tradisi uniknya di bulan ramadhan. Mudik adalah suatu kegiatan sekelompok orang atau keluarga untuk kembali pulang ke buminya/kampungnya sendiri.
Gue sebagai orang yang suka ikut merasakan mudik walaupun gue gak punya kampung halaman wwkwk. Gue ngikut nyokap untuk balik ke kota kelahirannya "jogja" iya itu nyokap gue bukan gue, gua mah asli lahir di tangerang. Sedangkan bokap juga suka ngikut nyokap balik ke jogja gak jarang juga nyokap ngikut bokap ke kotanya yaitu "jakarta" iya bokap asli orang jakarta betawi gitu dia bilang mah haha. Gue sebagai anak mah ngintil aje yekan ama nyokap bokap gue. 

Jadi kali ini gue mau berbagi tips mudik yang baik dan benar sesuai dengan kendaraan apa yang akan kalian pergunakan untuk on the way ke kampung halaman kalian itu. 

Yang pertama Tips mudik jika kalian menggunakan kendaraan roda empat (baca: mobil) :
sumber gambar google
1. Jika kalian mudik dengan menggunakan mobil maka pastikan dulu sebelumnya kalo mobilnya ada, gak ada ceritanya kan kalian mau mudik pake mobil tapi mobilnya gak ada. Nah setelah mobilnya ada silakan di cek cek kondisi mobilnya demi kelancaran perjalanan anda mudik. 

2. ini terutama untuk supirnya yah atau yang membawa mobilnya, pastikan kondisi kesehatan anda baik, jangan sampe saat anda menyetir mobil pikiran anda galau dikarenakan tahun ini dan tahun kemarin dan tahun kemarinnya lagi anda masih jomblo.

3. kalo sang supir sedang galau dan kepikiran mantannya yang 5 tahun lalu, jangan di kasih nyetir mobil deh, ngeri aje kalian malah dibawa di ke halaman hatinya mantannya bukan ke kampung halaman kota kelahiran kalian. Makannya sebelum berangkat cek kembali rute mobil kalian mudik lewat mana ok. 

Yang Kedua, Tips mudik jika kalian menggunakan kereta api :
sumber gambar google
1. sebelum anda mudik menggunakan kereta api, pastikan dahulu kalo kalian sudah membeli tiket keteta apinya. dipersiapkan matang matang untuk berapa orang, jangan untuk 4 orang tapi beli tiketnnya cuman 2 aja, yang 2 lagi disuruh duduk dibawah, jangan yah pokoknya jangan. 

2. setelah tiket sudah ada pastikan kembali kalian itu mau mudik ke kota mata, jangan mudik ke kota jogja eh malah beli tiket mudik yang ke kota malang *eh baru inget malang adalah kota kelahiran mantan* makan coba tolong dicek kembali hatinya *eh

3. Duduk lah dikursi yang sudah disediakan, dan yang sudah diatur dalam tiket kalian. Jangan malah udah jomlo, salah beli tiket, salah kereta, dan duduknya juga pun di bangku ruang tamu rumah mantan *absurd anjirr* udah kelarr udahh. 

Yang ketiga, Tips mudik jika kalian menggunakan kendaraan Bus :
sember gambar google
1. Pastikan barang bawaan anda sudah dibawa semua dan tidak tertinggal di rumah mantan *eh. jika kalian mudik dengan menggunakan bus pastikan anda menunggu busnya di terminal tempat mengambil penumpang, bukan di stasiun atau bahkan bandara. jangan yah makannya pastikan dahulu sebelum anda berangkat.

2. sebelum berangkat coba sempotkan parfurm dahulu dibagian bahu anda. Barang kali nanti yang duduk sebelah kalian di bus butuh bahu untuk bersandar. dikarenakan dia jomlo dan kamu jomlo ciyeee udah jadian aja. cinta bersemi dibus ketika mudik nih duileh *apasihini

3. Pesan gue saat kalian mudik dengan menggunakan kendaraan umum, berhati hatilah dengan orang orang yang anda belom kenal. Kalau kalian ingin lebih kenal lagi silakan minta nomer telponnya, dan pdkt-in dia, eh tapi pas udah kenal sebulan jangan ditinggalin yah wwkwkwk *salahfokus*. Jadi gini kalian harus berhati hati terhadap orang orang yang belom anda kenal saat anda mudik, kejahatan itu ada dimana mana coi. Misal anda ditawari makanan dan minuman, nah kalian harus hati hati tuh guys. jadi dari pada kalian gak enak hati buat nolak mending kalian minta mentahnya aja (baaca: duit) nah kan kalo gitu lebih aman. 

Yang Keempat, Tips mudik jika kalian menggunakan kendaraan Pesawat Terbang :
sumber gambar google
1. kalau kalian ingin mudik menggunakaan pesawat terbang pastikan tiket yang kalian beli adalah tiket pesawat bukan tiket kereta api atau bus apalagi busway.

2. saat kalian mudik menggunakan kendaran pesawat terbang, pliss jangan minta turun dijalan cuman buat beli kacang tahu yang abang abang jual biasa dijalanan, jangan yah 

3. Jika dalam perjalanan mudik kalian kegerahan atau kedinginan, plis minta tolong ke pramugari atau pramugara buat kecilin atau gedein temperatur ac nya, kalian jangan seenak jidat buka tutup kaca jendela pesawat, saat kalian kegerahan atau kedinginan. oke

Yang ke-Lima, Tips mudik jika kalian menggunakan kendaraan roda dua (baca:motor) :
sumber gambar google
1. Sebelum mudik alangkah baiknya jika motor diperiksa dahulu sebelum berangkat, jangan sampe motor yang dipake buat mudik kayak motor buat boncengin cabe cabean -__- pasang kaca spionya kiri dan kanan, knalpot yang biasa ajalah, jok tempat duduk gak usah yang nungging nungging. Dan yang paling penting isi bahan bakar buat motor kalian agar mudik kalian bisa berjalan dengan lancar

2. Gunakanlah helm yang kuat banting, kuat dari terik mata hari dan kuat liat dia bahagia bersama orang lain. Saran gue coba bawa 2 helm : yang satu helm yang kacanya bening buat malam hari dan kaca yang gelap buat siang hari.

3. Karena motor tidak ada bagasinya dan ruangnya sangat terbatas, bawalah barang bawaan mudik secukupnya. Tidak perlu membawa bawarang yang memang seharusnya dibawa misal : kenangan pait kamu bersama mantan. 

Oke itulah tips tips mudik dari gue yang mungkin bisa kalian pertimbangkan jika kalian akan mudik esok hari. Yang paling utama dan utama sih " sebelum berangkat mudik kalian berdoa dahulu, agar mudik kalian di beri kelancaran dan keselamatan oleh allah swt " . Jika dari kalian ada yang ingin menambahkan tips yang lainnya, bisa ditulis di kolom komentar bawah :D oke sekian dari gue, always *KecupBasah*

Komentar

  1. Haloooo, Kak! Mau ikut jelajah Kalimantan GRATIS & dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

    Jangan sampain ketinggalan, ya!

    BalasHapus
  2. kalo jaman sekarang sih kalo pake mobil yg penting kudu siap2 isi ulang etoll dulu sebelum berangkat hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

fenomena " cabe - cabean "

Tentang Lagu Tiffany Kenanga - Jangan Bersedih

Tentang Aplikasi "Bigo Live"